Doa



 DOA PAGI
Hati Yesus Yang Mahakudus, aku menyerahkan diriku pada hati-Mu yang Mahakudus pada hari ini. Kuasailah seluruh kepribadianku; ubahlah aku menjadi seperti Engkau. Jadikan tanganku tangan-Mu, kakiku kaki-Mu, hatiku hati-Mu. Ijinkanlah aku melihat dengan mata-Mu, mendengar dengan telinga-Mu, berkata dengan bibir-Mu, mengasihi dengan hati-Mu, memahami dengan pikiran-Mu, melayani dengan kehendak-Mu dan mengabdikan seluruh kepribadianku. Jadikan aku serupa dengan Engkau.
Hati Yesus yang Mahakudus, utuslah Roh kudus-Mu untuk mengajar aku agar mengasihi-Mu dan hidup melalui Engkau, dalam Engkau dan untuk Engkau.
          Datanglah Roh Kudus, jadikan tubuhku bait-Mu. Datanglah dan tinggallah dalamku selamanya. Berilah aku kasih terdalam kepada Hati Yesus yang Mahakudus untuk dapat melayani Dia dengan segenap hati, jiwa, pikiran dan kekuatanku.
Kuasailah seluruh kemampuan, tubuh dan jiwaku. Aturlah seluruh hasratku : perasaan dan emosi. Kuasailah kepandaian, pengertian dan kehendakku; ingatan dan khayalku. O Roh kasih yang Mahakudus, beri aka rahmat-Mu yang ampuh itu dengan berlimpah. Berilah aku seluruh kebajikan; perkaya imanku, kuatkan harapanku, tingkatkan keyakinanku dan kobarkan kasihku. Berilah aku tujuh karunia, buah dan kebahagiaan-Mu sepenuhnya. Trinitas yang Mahakudus, jadikanlah jiwaku bait-Mu yang Kudus.
(Bapa Kami 1x, Salam Maria 3x)


PENYEMBUHAN BATIN DALAM TIDUR
(Didoakan sebelum tidur)
Tuhan Yesus melalui kuasa Roh Kudus hadirlah pada masa laluku sementara aku tidur. Sembuhkanlah segala luka dalam batinku yang pernah kualami, luka karena kurang kasih dari orangtua dan sesama, luka karena pengkhianatan, luka karena penolakan, luka karena pelecehan, luka karena penghinaan. Biarlah dengan darah-Mu Kau jadikan aku utuh kembali. Semua hubungan persaudaraan  yang sudah rusak dengan keluargaku maupun dengan saudaraku, sembuhkanlah ya Tuhan. Dari segala ketakutan, kecemasan, kegelisahan, keputusasaan, sembuhkanlah aku. Hadirlah Engkau ya Tuhan supaya aka bisa mengampuni diriku sendiri, mengampuni sesamaku, mengampuni situasi yang menyakitkan. Bantulah aku ya Tuhan supaya aku dapat mengambil akar pahit yang ada dalam hidupku dan isilah hatiku dengan kasih-Mu dalam tidurku malam ini. Terima kasih Tuhan dan berkatilah aku.
(bapa Kami 1x, Salam Maria 3x)

DOA KEPADA BUNDA ALLAH
Ya Maria Bundaku dan Ratuku, aku serahkan kepada-Mu jiwaku, tubuhku dan hidup matiku serta segalanya yang akan terjadi. Ke dalam tangan-Mu aku serahkan segalanya ya Bundaku. Selimutilah jiwaku dengan mantel keperawanan-Mu dan curahkanlah kepadaku rahmat kemurnian hati, jiwa dan tubuh.
Dengan kuat kuasa-Mu lindungilah aku terhadap segala musuh, terutama lindungilah aku terhadap mereka yang menyembunyikan kejahatannya di balik topeng kebajikan. Kuatkanlah jiwaku, jangan kiranya penderitaan mengahancurkannya. Bunda segala rahmat, ajarilah aku hidup dari kuasa Allah.
Ya Maria, sebilah pedang dahsyat, telah menembus jiwa-Mu yang Kudus. Selain Allah tiada seorang pun mengetahui penderitaan-Mu. Jiwa-Mu tidak hancur, jiwa-Mu berani karena bersama Yesus, karena hanya dengan cara demikian aka akan sanggup memikul segala cobaan dan sengsara, dan hanyalah dalam kesatuan dengan Yesus, persembahanku yang kecil dapat berkenan kepada Allah. Bunda yang termanis ajarilah aku senantiasa tentang kehidupan rohani.
Semoga pedang penderitaan tak akan pernah menghancurkan aku. Ya perawan termurni, curahkanlah dan jagalah ketabahan dalam hatiku. Amin

Ø  Bila sudah malam dapat mendaraskan doa ini:


DOA MALAM
Sebelum aku tidur, ya Tuhan
Saya mempersembahkan doa ini :
Ya tuhan, ingatlah kiranya senantiasa, peliharahlah aku dalam belas kasih-Mu. Perkenankanlah kiranya tubuhku beristirahat dan batinku tenang.
Biarlah aku bermimpi tentang hal-hal yang kudus, dan jangan biarkan aku bermimpi tentang peristiwa atau keinginan duniawi.
Aku mohon ampun atas kegagalanku menjalankan kehendak-Mu hari ini, dan berikanlah kepadaku semua rahmat, belas kasih yang aku butuhkan, sehingga dapat melangkah lebih baik dalam hidupku ini.
Ya Tuhan, lindungilah aku malam ini, tanamkanlah dalam hatiku, semangat dan keteguhan untuk melaksanakan kehendak-Mu yang Kudus.
Saya ingin mengikuti Dikau, dan ingin berkembang lebih pantas dihadapan-Mu. Ya Tuhan, dengarkanlah kiranya doaku, selamat malam bagi-Mu. Amin